Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Kesuksesan Pendidikan Anak - Artikel Penting ID

Wednesday 27 December 2017

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Kesuksesan Pendidikan Anak


Tentu saja kita mengakui bahwa keluarga merupakan ujung tombak utama tempat anak untuk belajar. Dari awal anak dilahirkan, keluargalah yang memberikan interaksi, dimana interaksi tersebut akan menjadi cikal bakal kepribadian seorang anak kelak. Mulai dari cara tutur bicara, berjalan, bersikap, tentunya akan dipengaruhi oleh peran keluarga. Seorang anak biasanya selalu meniru segala sesuati yang ia lihat di lingkungan sekitarnya, tidak lain adalah keluarga.

Tahap pembelajaran meniru lingkungan sekitar merupakan tahapan yang sangat penting karena akan menjadi dasar bagi si anak ketika mulai memasuki usia sekolah, dimana ia akan mempelajari hal-hal baru yang membutuhkan logika dan akal pikiran. Kegagalan orang tua dalam mendidik anak dalam tahap awal tentunya akan berpengaruh signifikan terhadap tugas perkembangan anak di tahap selanjutnya.

Baca Juga : 4 Alasan Mahasiswa Aktif Organiasi Akan Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Ketika si anak mulai memasuki masa sekolah, tak sedikit dari orang tua yang berfikir bahwa sudah saatnya proses pembelajaran tersebut kemudian dilimpahkan sepenuhnya ke pihak sekolah. Kegiatan dan pekerjaan yang padat pun tak jarang menjadi alasan utama bagi para orang tua untuk melepaskan tanggung jawab ini.

Padahal penelitian yang dilakukan oleh Hoover dan Sandler dari Universitas Vanderbili menaytakan bahwa aspek yang paling berpengaruh terhadap kesuksesan pendidikan anak adalah keterlibatan orang tua dalam masa sekolah tersebut. Tidak perlu berlebihan, hanya sesederhana membantu dan memeriksa PR si anak, kemudian memberikan pujian terhadap setiap nilai bagus dan pencapaian yang ia peroleh, menonton pertunjukan yang ia lakukan di sekolah, mendengarkan cerita si anak mengenai kehidupan masa sekolahnya dan menceritakan pengalaman pribadi yang dapat memotivasi anak untuk lebih giat lagi belajar, akan memberikan efek yang sangat besar bagi kepribadian dan kesuksesaan si anak.


Selain hal tersebut, hal yang paling sering diabaikan oleh orang tua adalah terjalinnya komunikasi yang baik antara orang tua dan guru. Tak sedikit dari orang tua yang bahkan tak tahu siapa wali kelas si anak, apalagi berbicara dengan guru tersebut. Padahal dengan terjalinnya komunikasi diantara keduanya akan membantu tumbuh kembang si anak.

Dengan demikian, peran orang tua dalam kesuksesan pendidikan si anak sangatlah penting. Peran aktif orang tua terhadap kehidupan masa sekolah si anak memberikan kontribusi yang sangat kuat terhadap masa depan si anak kelak.

Baca Juga : 4 Game Edukasi Android Untuk Anak Usia Dini

Sesibuk apapun kegiatan maupun pekerjaan sehari-hari, tentu selalu masih ada waktu yang dapat diluangkan untuk kesuksesan pendidikan si anak. Dengan ikut berpartisipasi aktif dalam pendidikan anak, berarti ikut serta dalam usaha menyiapkan tunas-tunas bangsa yang berkualitas untuk membangun negeri ini di masa depan.

No comments:

Post a Comment

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>